Rabu, 08 Juni 2016

Berbagai Tips Sehat Menjalankan Puasa Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah tiba, dimana seluruh umat muslim wajib untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan kali ini. Pengertian puasa sendiri adalah menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam selama satu bulan penuh. Selain itu puasa Ramadhan merupakan ibadah yang sangat wajib dilakukan semua umat muslim dan di percaya puasa sendiri memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan fisik maupun psikis. Hal ini dikarenakan pada saa bulan puasa tubuh secara otomatis kerja organ dalam tubuh menjadi lebih ringan dibandingkan hari biasanya. Selain itu tubuh akan mengalami detoksifikasi alami untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh Meskipun begitu dalam hal ini juga harus didukung dengan pola dan pola makan yang sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Pada kenyataannya banyak orang mengalami masalah yang cukup lazim setelah menjalani puasa Ramadhan selama satu bulan. Seperti misalnya mengalami kenaikan berat yang terjadi secara terus menerus yang disebabkan karena banyak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Efek lainnya adalah membuat kondisi kebugaran tubuh mengalami penurunan secara drastis dan terjadi secara terus menerus. Jika hal ini terjadi terus menerus akan menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Maka oleh karena itulah berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai berbagai tips sehat untuk menjalankan puasa di bulan Ramadhan yang dapat Anda lakukan, diantaranya sebagai berikut!!!

Inilah Berbagai Tips Sehat Menjalankan Puasa Bulan Ramadhan yang Dapat Anda Lakukan

Mengawali Buka Puasa Dengan yang Manis
Tips sehat pertama menjalankan puasa di bulan Ramadhan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengawali buka puasa dengan yang manis-manis. Namun usahakan mengonsumsi makanan yang tidak mengandung pemanis buatan karena itu justru akan memicu terjadinya masalah pada kesehatan Anda terutama pada organ pencernaan. Sebaiknya awali mengonsumsi biji kurma pada saat berbuka puasa dan tidak perlu banyak-banyak cukup dengan mengonsumsi 2-3 biji buah kurma saja sudah cukup. Karena kandungan glukosa yang terdapat di dalam buah kurma di percaya ampuh untuk mengembalikan energi tubuh akibat puasa selama seharian.

Perbanyak Mengonsumsi Sayur dan Buah-buahan
Tips yang kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Jika Anda ingin tubuh tetap sehat selam puasa sebaiknya banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Hal ini dikarenakan di dalamnya banyak mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu penuhi juga asupan karbohidrat, protein dan vitamin dalam menu buka puasa dan saat sahur. Semakin lengkap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi maka akan kesehatan tubuh semakin sehat.

Minum yang Cukup
Tips yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan banyak mengonsumsi air. Hal ini dilakukan Agar tubuh sehat selalu selama Ramadan dan tak mudah lelah, pastikan bahwa kamu minum air cukup setiap harinya. Saat berbuka hingga sahur, pastikan bahwa kamu menghidrasi tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan baik. Usahakan untuk minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas setelah buka puasa hingga sahur. Hindari konsumsi minuman ringan, kopi dan teh berlebih agar tubuh selalu sehat dan bugar.

Sekian penjelasan mengenai tips sehat menjalankan puasa ramadhan yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
http://mbahlanh.com/menu-buka-puasa-untuk-diet-sehat.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-gejala-darah-tinggi-cara-pencegahanya.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-gejala-cara-pencegahan-penyakit-hipertensi.html
http://mbahlanh.com/ciri-ciri-penyebab-gejala-sakit-ginjal.html
http://mbahlanh.com/gejala-dan-cara-pencegahan-penyakit-diabetes.html
http://mbahlanh.com/gejala-awal-penyakit-anemia-cara-pencegahanya.html
http://mbahlanh.com/cara-memutihkan-wajah-secara-alami-dan-cepat.html
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar